THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 13 April 2011

Rencana Pengembangan Sekolah

Contoh RPS by Drajat Sunu Jiwandana

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Peran pendidikan sangatlah penting bagi kemajuan bangsa dalam rangka mencetak generasi- generasi muda yang siap bersaing dalam dunia global dan juga tanpa melupakan benteng pertahanan akhir yang bersumber dari nilai agama luhur. Pendidikan yang sesuai adalah bertumpu pada bidang IPTEK dan Imtaq dan juga didukung oleh pendidikan yang mengembangkan sikap emosional dan spiritual yang bersumber pada ajaran agama dan budi pekerti.
Salah satu permasalahan pendidikan yang diharapkan bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendiodikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Untuk memecahkan masalah tersebut perlu segera ditangani secara sungguh-sungguh dan serius melalui kegiatan pendidikan yang makin bervariatif, inovatif dan efisien di sekolah-sekolah.

Kondisi Riil SDN GAding Kulon 3 pada sat ini antara lain:
• Ruang belajar dan sarana belajar sudah cukup baik, tinggal satu ruang kelas yang masih perlu dibenahi gedungnya.
• Sarana ibadah sudah ada untuk kegiatan keagamaan.
• Sarana kamar mandi ada 2 kamar, dan perlu ditambah untuk menyesuaikan jumlah murid.
• Kegiatan belajar mengajar sedah mengarah ke PEMBELAJARAN TEMATIK khususnya kelas 1,2, 3.
• Sudah cukup sering mengikuti berbagai perlombaan baik akademik maupun non akademik dari tingkat kecamatan maupun kabupaten, begitu pula hasil kelulusannya sudah mencapai 100% dan siswa yang masuk SMP negeri mencapai 60%
• Dukungan dan perhatian masyarakat orang tua murid sangat baik sekali sesuai dengan SK Mendiknas nomor: 044/2002 Tentang Komiute Sekolah dan Dewan Pendidikan, Masyarakat yang berpotensi memberikan bantuan dan dukungan dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah.
• Perpustakaan yang menjadi salah satu sumber belajar utma di sekolah sedang difungsikan secara bertahap karena buku-bukunya sebagian bersar sudah punya, tetapi kami masih membutuhkan buku-buku yang bermutu guna lebih melengkapi koleksi perpustakaan.
• Sistem administrasi dikerjakan secara manual dan komputerisasi sehingga mempermudah mencari data-data yang diperlukan.
B. LANDASAN HUKUM PENYUSUNAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH(RPS)
Program kerja ini disusun atas dasar landasan hal-hal seperti tersebut dibawah ini:
1. Landasan idiil pancasila
2. Landasan konstitusional UUD 1945 bab 13 (tentang pendidikan) pasal 31 ayat 1,2
3. Landasan operasional:
a. Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 tentang PENDIDIKAN NASIONAL. JO. UU NO.20 TAHUN 2003 TENTANG SISDIKNAS
b. Peraturan pemerintah No. 19/2005 tentang standar nasional pendidikan
c. Peraturan menteri pendidikan nasional No. 22 tahun 2006 tentang standar isi.
d. Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 dan 23
e. Kebijakan Operasianal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur tentang Meningkatkan Kualitas, Professional, Citra, Harkat Martabat dan Kewajiban Guru Dalam Proses belajar Mengajar.


BAB II
VISI, MISI TUJUAN SEKOLKAH

A. VISI
BERSAING DALAM PRESTASI
UNGGUL DALAM BUDI PEKERTI
BERDASARKAN IPTEK DAN IMTAQ

B. MISI
1. Melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan efektif.
2. Menumbuihkan akhlaq yang berkualitas.
3. Menumbuhkan semangat kerja keras kepada seluruh warga sekolah.
4. Menerapkan budaya mutu.
5. Melaksanakan manajemen partisipatif

C. TUJUAN
Tujuan jangka pendek Tahun 2009-2010.
1. Mewujudkan sekolah SDN Gading Kul;on 3 sebagai sekolah yang mampu bersaing akademis dan non akademis.
2. Menciptakan lingkungan sekoplah yang kondusif, aman dan nyaman unutk proses belajar mengajar.
3. Menjadikan sekolah sebagi pusat pengembangan bakat, minat dan pembinaan prestasi murid.
4. Mewujudkan SDN Gabding Kulon 3 sebagai sekolah yang mamiliki sarana dan prasarana ideal untuk bersaing dalam dunia global.
5. Menjali kerja sama yang erat dengan. lembaga-lembaga pendidikan maupun non kependidikan dalam rangka pengembangan mutu sekolah.

Tujuan jangka menengah empat tahun.
1. Melanjutkan program-program yang belum terselesaikan dalam rencana 1 tahuntahap pertama.
2. Menjadikan sekolah sebagai pusat pertukaran informasi pendiodikan bagi sekolah-sekolah dilingkungannya.
3. Bekerja sama dengan lembaga lain yang relevan dalam rangka mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam bidanmg pendidikan.

Tujuan jangka panjang setiap lima tahun.
1. Melanjutkan program-program yang belum terselesaikan dalam rencana lima tahun sebelumnya.
2. Mewujudkan sekolah SDN Gading Kulon 3 sebagai sekolah yang memiliki sarana dan prasarana ideal untuk bersaing dalam dunia global atau internasional.







BAB III
KONDISI OBYEKTIF

A. LETAK SEKOLAH
1. Desa/Kecamatan : Gading Kulon/Dau
2. Kabupaten : Malang
3. Provinsi : Jawa Timur
B. TANAH
1. BATAS TANAH
a. Sebelah Utara : Jl. Desa Gading Kulon
b. Sebelah Timur : Areal persawahan
c. Sebelah Selatan : Areal persawahan
d. Sebelah Barat : Sungai
2. LAHAN
a. Luas Lahan : 2091 m2
b. Luas Bagunan : 1455 m2
c. Asal Usul : Tanah Kas Desa
d. Status : Hak Pakai
3. GEDUNG
a. Pendirian : Tahun 1979
b. Dioperasionalkan : Tanggal 20 Mei 1980
c. Rehap Ringan : Tahun 1992 (unit I)
d. Jumlah Ruangan :
1) Ruang belajar : 6 ruang
2) Ruang kantor : 1 ruang
3) Ruang perpustakaan : 1 ruang
4) Ruang aula : 1 ruang
5) Kamar mandi : 2 ruang
6) Toilet : 2 ruang
7) Ruang computer : 1 ruang
8) UKS : 1 ruang
9) Gudang : 1 ruang
10) Tempat Ibadah : 1 ruang
11) Tempat parkir : 1 buah

4. KEPALA SEKOLAH, GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Adapun jumlah personalia pejabat sekolah yang terdiri atas Kepala sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan, Penjaga Sekolah adalah sebanyak 15 orang. Dengan rincian sebagai berikut:
a. Kepala Sekolah : 1 orang
b. Guru kelas : 6 orang
c. Guru Agama : 1 orang
d. Guru Penjaskes : 1 orang
e. Guru Sukwan Guru Kelas : 1 orang
f. Sukwan TU : 1 orang
g. Penjaga sekolah : 1 orang
5. MURID
Jumlah murid SDN Landung Sari I ada 240 orang, terdiri atas 135 murid laki-laki dan 105 murid perempuan, dengan rincian sebagai berikut:
a. Kelas I : 7 + 3 = 10 orang anak
b. Kelas II : 5 + 5 = 10 orang anak
c. Kelas III : 4 + 6 = 10 orang anak
d. Kelas IV : 4 + 5 = 9 orang anak
e. Kelas V : 3 + 6 = 9 orang anak
f. Kelas VI : 5 + 7 = 12 orang anak
Jumlah : 28 + 32 = 60 orang anak
6. KEGIATAN PENUNJANG
a. Patrol keamanan sekolah (PKS) oleh siswa, tiap hari dilaksanakan 3 orang anak
b. Usaha kegiatan sekolah (UKS), untuk menciptakan sekolah bersih dan sehat
c. Perpustakaan sekolah dibuka setiap hari (kecuali hari libur dam hari besar) pada setiap jam istirahat
d. Ekstra kurikuler:
1) Pendidikan keperamukaan, setiap jum’at pukul 15.00-17.00 WIB
2) Penambahan jam mata pelajaran yang di-UASBN/UAS-kan oleh guru kelas 6 pada jam sore, mulai pertengahan semester 1
e. Kegiatan peribadatan yang dilaksanakan dimasjid darusalam
1) Sholat jama’ah yang di ikuti sebagain murid dan masyarakat sekitar ialah: sholat dhuhur dan shalat dhuha.
BAB IV
PERMASALAHAN
Proses perjalanan SDN Gading Kulon I dalam pembinaan anak didik yang merupakan tugas pokok masih kurang mencapai hasil sesuai ketentuan pemerintah, khususnya untuk mencapai target kurikulum yang sempurna sebab masih banyak hal-hal yang perlu diatasi
Adapun hal-hal yang menjadi hambatan dan peyebabnya dapat diuraikan dalam bidang sebagai berikut:
A. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
1. Para guru masih kesulitan membagi waktu antara tugas dinas dan kewajiban mereka dengan bagaimana cara mengembangkan silabus yang efectif.
2. Kesadaran orang tua murid terhadap pentingnya pendidikan yang masih rendah
3. Buku pegangan yang terbatas dan buku pelengkap sulit diperoleh karena tidak adanya anggaran sehingga menghambat kelancaran jalannya pelajaran
B. Bidang Kemuridan
1. Kesadaran untuk menuntut ilmu dan pentingnya ilmu masih cukup, akan tetapi kadang kala siswa mengabaikan pelajaran.
2. Waktu belajar dirumah kurang efektif sebab keterlibatan orang tua dalam mendidik anak di bidang akademik kurang.
3. Mental peserta didik yang masih rendah dalam menerima kemajuan
C. Bidang Peralatan dan Gedung
1. Bangku dan meja murid telah banyak yang rusak (60 % baik) sebab telah lama dipakai dan bahannya hanya dari kayu dan triplek
2. Alat peraga sangat kurang, sehingga kegiatan belajar mengajar kurang konkrit dan mantap, laboratorium pun belum ada.
3. Buku bacaan perpustakaan masih sangat kurang umumnya buku-buku lama, oleh karena itu minat baca anak-anak juga sangat kurang
4. Keadaan gedung masih kurang memuaskan.
D. Bidang Keuangan
Selama ini masih menggantungkan diri pada dana BOS, belum berani menggali dana yang lain dari wali murid ataupun masyarakat.


E. Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
1. Hubungan sekolah dengan masyarakat cukup baik, dengan bukti bahwa setiap tahun orang tua/wali murid jika diundang ke sekolah untuk rapat bersama 90% menghadiri rapat.
2. Keputusan rapat orang tua/wali murid masih belum dapat dilaksanakan secara maksimal, ini disebabkan:
a. Masih sulit merubah pola berfikir masyarakat untuk diajak memajukan pendidikan.
b. Keadaan lingkungan yang kurang mendukung terhadap kemajuan pendidikan dengan maraknya teknologi baru yang berdampak negatif bagi peserta didik.
c. Penegakan tata tertib sekolah belum sepenuhya didukung oleh sebagian kecil orang tua murid, sehingga menimbulkan kesalah pahaman.

0 komentar: